Take a fresh look at your lifestyle.

9 Kota yang Hilang dalam Sejarah Manusia dan Ceritanya

87

KAREBA. ID | Sepanjang perjalanan sejarah manusia, sejumlah kota besar dan kecil telah hilang, tenggelam, dan ditinggalkan. Hanya menyisakan reruntuhan misterius dan beberapa memberikan pemandangan indah, yang dapat dilihat oleh manusia modern kini. Berikut beberapa kota yang hilang dengan berbagai ceritanya, seperti yang dilansir dari Time, ini Dalihnya.

  1. Kota hantu Chernobyl, Ukraina Setelah bencana nuklir terburuk dalam sejarah terjadi, Uni Soviet mengevakuasi kota-kota dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, termasuk kota Pryp’yat di Ukraina. Dua puluh tahun kemudian, kota itu masih berdiri, tapi seperti kota hantu dengan ditumbuhi tumbuhan liar dan hewan liar. Tidak ada lagi manusia yang tinggal di sana, tetapi para pelancong dapat melakukan perjalanan sehari untuk merasakan sensasi Chernobyl.
  2. Kota Termessos, Turki Seperti Game of Thrones di kehidupan nyata, kota Termessos adalah kota yang tak tersentuh yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas gunung. Alexander Agung, raja Kekaisaran Makedonia juga tak tertarik untuk menguasainya. Kota kuno yang disebut juga Eagle’s Nest kehilangan pasokan air sekitar 200 M dan akhirnya mulai ditinggalkan. Sehingga, diperkirakan kota itu sudah tidak tersentuh selama lebih dari 1800 tahun. Baca juga: Dituduh Tak Hormati Makam Muhammad Al Fatih, Wali Kota Istanbul Diselidiki
  3. Kota Baia, Italia Baia adalah Las Vegas dari Kekaisaran Romawi, sebuah kota liburan hedonistik yang memiliki vila dan spa. Namun, sejumlah fenomena alam kemudian menimpa kota itu. Membuat para penduduk meninggalkan kota dan penjarahan terjadi. Kota itu akhirnya tenggelam di sebuah teluk dekat Napoli. Hari ini, kota itu dapat disusuri dengan perahu berlantai kaca atau dengan scuba.
  4. Kota Gedi, Kenya Salah satu misteri besar arkeologi di Afrika adalah kota Gedi, kota besar yanag maju di pantai Kenya. Kota itu ditemukan telah memiliki toilet siram lebih dari 600 tahun yang lalu. Namun, ditinggalkan selama berabad-abad. Baca juga: Rusia Luncurkan Kapal Selam yang Mampu Hancurkan Kota-kota AS
  5. Kota Ani, Turki Pernah menjadi kota setara Baghdad dan Konstantinopel, Ani adalah salah satu kota Armenia pada abad pertengahan dengan penduduk 200.000. Namun, kemudian kota itu dijarah dan ditinggalkan pada 500 tahun lalu. Jejak kehidupan di sana masih dapat dilihat, seperti bangunan gereja, yang kini pemandangan itu nampak seperti kota hantu.
  6. Kota Geamana, Romania Geamana menurut cerita adalah lembah yang indah, dengan memiliki sumber tambang di kaki bukit. Diktotor Romania yang serakah ingin mengambil lebih banyak, tapi justru berujung bencana. Pada 1978, kota Geamana ditinggalkan seluruh penduduknya dan menjadi tempat pembuangan limbah hingga menenggelamkan kota menjadi danau beracun. Beberapa bangunan kota masih terlihat atapnya di atas permukaan air, tanda adanya jejak kehidupan dahulu. Baca juga: Kisah Gado-gado yang Jadi Raja Salad di Ibu Kota Finlandia…
  7. Kota Heracleion, Mesir Kota Heracleion adalah salah satu kota pelabuhan terbesar di dunia dan pintu gerbang ke Mesir. Namun, kota itu kemudian tenggelam di Laut Mediterania lebih dari 2.200 tahun yang lalu. Hampir tiga mil (4.828 meter) di lepas pantai Mesir, kota itu ditemukan kembali oleh seorang arkeolog Perancis pada 2000. Reruntuhan bangunan yang ditemukan di dasar laut, di antaranya patung setinggi 16 kaki (4,9 m), sarkofagus kecil yang menyimpan korban hewan, dan sebuah kuil besar.
  8. Kota Nan Madol  Tepat di lepas pantai sebuah pulau kecil di Mikronesia terdapat kepulauan buatan. Lebih dari 100 pulau buatan manusia yang dipenuhi dengan rumah, gudang, dan bangunan kerajaan. Didirikan 800 tahun yang lalu, tetapi ditinggalkan selama ratusan tahun. Nan Madol juga menginspirasi novelis HP Lovecraft, yang dewa jahatnya Cthulhu berhibernasi di kota Pasifik Selatan yang terendam.
  9. Kota Neversink Tempat di Amerika Serikat yang paling ironis namanya, kota Neversink, letaknya berada di bagian utara New York yang didirikan pada 1798. Kemudian pada 1953, kota New York membutuhkan waduk baru, dan Neversink ditenggelamkan, membentuk waduk Neversink. kompascom/kareba.id/2021

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: