Take a fresh look at your lifestyle.

98 Anggota Apeksi Siap Bantu Huntap di Palu

Apresiasi Niat dan Harapan Walikota Palu

466

Semarang, KAREBA. ID |Sebanyak 98 daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan memberikan bantuan Hunian Tetap (Huntap) kepada warga Palu, yang 6 bulan lalu terkena bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Hal itu terungkap saat pelaksanaan  Apeksi ke-XIV di Semarang Provinsi Jawa Tengah sekaligus launching Indonesian City Expo 2019, Jum’at-Sabtu, 29- 30 Maret.

Dalam rapat kerja itu, Wali Kota Palu Drs Hidayat MSi memaparkan kondisi terakhir wilayah kerjanya. Sejumlah persoalan yang dialami pengungsi yang berada di sejumlah shelter, termasuk persoalan Hunian Sementara (Huntara) dan Hunian Tetap (Huntap).

Puluhan anggota forum itu merespon pemaparan Wali Kota Palu sehingga akan menyumbang sejumlah huntara untuk korban bencana di Palu.

“Alhamdulillah 98 daerah yang tergabung di Apeksi akan membantu menyediakan Huntap kepada warga Palu yang menjadi korban bencana 6 bulan silam,” terang Hidayat.

Respon positif yang disampaikan oleh 98 anggota Apeksi  melalui ketua dewan Apeksi tersebut. Wali Kota Palu menyampaikan apresiasi khusus dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kepedulian seluruh anggota Apeksi terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana alam di Kota palu.

Hidayat berharap hal tersebut bisa segera terealisasikan, mengingat saat ini masih begitu banyak masyarakat yang  tinggal di shelter pengungsian maupun Huntara yg dibangun oleh Kementerian terkait serta para NGO dan Swasta lainnya di Kota Palu.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari sejak tanggal 29-30 Maret 2019 ini, Wali Kota Palu mendapat kehormatan khusus untuk menyampaikan pemaparan proses penanganan bencana alam yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palu sejak awal terjadinya bencana hingga saat ini, serta bentuk rencana aksi yang akan dilakukan oleh Pemkot dimasa rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya.

Dalam kesempatan itu juga Wali Kota Palu menyampaikan keinginanannya untuk membangun sebuah kawasan pemukiman  yang bernuansa ‘Budaya Nusantara’, dimana didalamnya terdapat  bangunan hunian tinggal berarsitekturkan budaya daerah se-nusantara yang nantinya diperuntukan sebagai hunian tetap (Huntap) bagi masyarakat yg kehilangan tempat tinggal pasca terjadinya bencana alam.

Wali Kota Tangerang Selatan Hj. Airin Rahmidiani selaku Ketua Dewan Apeksi Nasional, dalam sambutannya memberikan Apresiasi serta mengungkapkan rasa antusiasnya untuk mewujudkan keinginan Wali Kota Palu untuk membantu masyarakatnya. olagondronk/humaspemkotpalu/kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: