Take a fresh look at your lifestyle.

AJI PALU TERIMA ANGGOTA BARU DI LUWUK

456

BANGGAI, KAREBA.id | Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, Sulawesi Tengah, melakukan penerimaan anggota baru diwilayah Luwuk Banggai, Selasa 15 November 2016. Sebanyak 17 wartawan yang bekerja dipelbagai media massa ikut sebagai peserta dalam tahapan penerimaan anggota baru itu.

Ketua AJI Palu, Muhammad Iqbal Rasyid mengatakan, penerimaan di kota Luwuk merupakan yang pertama yang dilakukan diluar daerah.

“Kami mengubah beberapa sistem rekrutmen, dan ini adalah kali pertama kami lakukan diluar kota Palu,” terangnya, saat membuka kegiatan pengrekrutan tersebut di Grand Hadser Hotel Luwuk.

Menurutnya, peserta yang ikut dalam penerimaan tahap pertama anggota AJI Palu baru di tahun 2016 itu merupakan wartawan yang bekerja disejumlah media massa di Banggai, baik media cetak, online, hingga elektronik (TV).

“Bahkan, terdapat empat orang wartawan yang datang dari Palu ikut dalam penerimaan ini,” urainya.

Salah satu penguji kegiatan penerimaan anggota baru tersebut, Amran Amier menambahkan, yang dilakukan AJI diluar Palu merupakan terobosan dan metode baru untuk menyahuti keinginan jurnalis-jurnalis didaerah yang ingin bergabung di AJI.

“Paling tidak setelah mereka lulus, mereka bisa lebih tahu dan bisa menerapkan dalam kerja-kerja jurnalistiknya kode etik serta pemahaman soal undang-undang pers,” jelas Amran.

Mantan Ketua AJI Palu itu berharap pengrekrutan luar daerah ini tidak hanya selesai di Luwuk, melainkan juga bisa dilakukan didaerah lainnya, sehingga wartawan didaerah lain pun bisa tergabung dalam lembaga pers, sebagaimana amanah dari dewan pers.

“Kalau semua sudah tergabung dalam lembaga pers seperti AJI, kecil kemungkinan ada sengketa pers terjadi, karena kerja teman-teman di lapangan sudah sesuai dengan kode etik dan undang-undang pers,” tandas Amran yang juga wartawan Trans 7 itu. OLAGONDRONK/KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: