Take a fresh look at your lifestyle.

Bablues, Ajang Silaturahmi Dan Kreatifitas Musisi Palu

528

PALU, KAREBA.id | Sejumlah komunitas band Palu menjaga silaturahmi dan saling berbagi kreatifitasnya diajang BaBlues yang dikemas setiap tanggal 12 bulan berjalan. Event mandiri itu telah memasuki edisi #9, pada Selasa, 12 September 2017, kemarin malam.

BaBlues digelar bermula dari keinginan bersilaturahmi sejumlah band untuk saling menukar ide-ide perkembangan musik di kota Kaledo ini.

Mr. Crunchy Band membawakan sejumlah lagu di BaBlues #9. photo olagondronk/kareba.id2017

Bertempat di NetFun cafe dibilangan jalan Gunung Sidole Palu Timur, beberapa band mengisi pertunjukan BaBlues #9 seperti LunchBreak band, yg merupakan musisi yang berkretifitas di lingkungan gereja dan diinisiasi oleh Johnwill Dama, Guitar Palu Street yang dipelopori Veki Fisher dan Mr. Crunchy dengan Frontman Vhray yang juga operator studio rekaman   Pataba.

Umaryadi Tangkilisan salah satu pengagas event itu menjelaskan, gelaran pertunjukan bertajuk BaBlues dan selalu dilaksanakan pada tanggal 12 setiap bulannya itu, diambil dari angka 12 yang merupakan salah satu sistem yang identik dengan music blues yakni memainkan ritem dalam periode 12 Bar.

LunchBreak Band saat pertunjukan di BaBlues #9. photo olagondronk/kareba.id2017

Menurutnya, musik Blues dianggap sebagai ‘ibu’ dari musik sehingga mempengaruhi banyak warna musik sampai dengan saat ini. Untuk menjembatani ragam aliran musik itulah, maka Blues menjadi pilihan sbg kebutuhan mengembangkan improvisasi, spontanitas dan berekspresi, walauapun beberapa penampil tidak memainkan music blues secara tradisional, tetapi spirit berekspresi dan momen jam session itulah yang pada proses ini menjadi BaBlues.

“Apalagi musisi bisa diibaratkan buruh dalam industri kita. Bukankah pada awalnya Blues musik adalah musik pemberontakan para kelas bawah terhadap kesewenangan-wenangan para majikan ketika itu,” ia mengibaratkan.

Hingga edisi ke 9 ini, sistem kerja ‘NoJob’ event ini sejak awal hanya mengandalkan relasi persahabatan diatara beberapa person, penyelenggara, soundsystem, lighting, lokasi, fotografer, pemilik studio latihan dan media publishing.

“Saya dengan bangga menjadi tuan rumah menyiapkan tempat penyelenggaraan BaBlues #9 ini,” ungkap Aidil Zainal Abidin yang juga merupakan salah satu personil ‘Haru Langit’ sekaligus pemilik NetFun Cafe. olagondronk/kareba.id/2017

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: