Take a fresh look at your lifestyle.

BASARNAS PERKUAT POS LUWUK

305

LUWUK, KAREBA.id – Badan SAR (Search and Resque) Nasional (Basarnas) memperkuat pos SAR di Kota Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya musibah yang membutuhkan tenaga SAR.

“Kita sedang membangun kantor dan mes karyawan di Luwuk serta akan mengerahkan sebuah kapal penyelamatan (rigid inflatable boat-RIB) untuk keperluan operasi,” kata Kepala Kantor SAR Palu Jafar Henaulu, Kamis (22/9/2016).

Semula, kata Jafar, pihaknya mengusulkan pembangunan kantor dan mes SAR ini di Tolitoli, Poso dan Luwuk, namun kantor pusat menyetujui pembangunan di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai.

“Pertimbangannya antara lain soal musibah yang terjadi selama ini dn potensinya ke depan,” ujar Jafar yang mantan Kepala kantor SAR Kendari, Sultra itu.

Kantor dan mess karyawan di Pos SAR Luwuk itu berdiri di atas lahan 2.800 meter persegi dan diharapkan selesai pembangunannya pada Desember 2016.

Ia menyebutkan bahwa Kota Luwuk terletak di timur Sulawesi Tengah dan di sekelilingnya merupakan perairan laut lepas berupa Samudrea Pasifik, Laut Banda, Teluk Tomini, dan Teluk Tolo sehingga potensi musibahnya cukup tinggi.

Selain itu, pelayanan SAR ke berbagai kabupaten di Sulawesi Tengah seperti di sepanjang Teluk Tolo dan Teluk Tomini akan lebih mudah dijangkau dari Kota Luwuk ketimbang Poso atau Parigi.

“Karena itu, kita perkuat Pos SAR di Luwuk. Dalam waktu dekat ini, kami akan mengerahkan kapal resque jenis RIB sepanjang 36 meter ke sana dan menempatkan tujuh orang personel secara bergantian setiap enam bulan sekali,” katanya.

Sementara itu sebuah kapal resque RIB sepanjang sepanjang 12 meter akan dikerahkan ke Pos Siaga SAR Toboli, Kabupaten Parigi Moutong, untuk mengantisipasi musibah di Teluk Tomini di Pantai Tmur Sulawesi Tengah. SULTENGNEWS.COM

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: