Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Sekolah Bantuan RGE Group dan Tanoto Foundation Diresmikan

Bantu Milyaran Rupiah Saat Bencana dan Pasca Bencana di Sulteng

332

Dolo-Sigi, KAREBA. ID| Royal Golden Eagle (RGE) Group dan Tanoto Foundation merekonstruksi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Dolo di Kabupaten Sigi dan SDN 013 Sirenja Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah senilai lebih dari Rp3 miliar. Hal itu dilakukan untuk membangun kembali sektor pendidikan diwilayah yang setahun lalu terdampak bencana gempa bumi, likuifaksi dan tsunami.

Direktur Asia Pacific Rayon, salah satu perusahaan RGE Group, Basrie Kamba, berpose bersama siswa-siswi SDN 05 Dolo. photo: dokumentasitanotofoundation/kareba.id/2020

Bertempat di SDN 05 Dolo, pengresmian secara simbolis kedua sekolah yang dibangun itu dipusatkan di desa Karawana kecamatan Dolo kabupaten Sigi, Kamis 27 Februari 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mencatat, 2.736 sekolah rusak, 20.000 guru dan 100.000 murid terdampak akibat gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi Tengah, 28 September 2018 lalu. Akibatnya anak-anak harus belajar di tenda-tenda darurat dengan fasilitas seadanya.

RGE Group, kelompok perusahaan global yang bergerak dibidang manufaktur berbasis sumber daya alam dan Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang fokus di bidang pendidikan, turut mendukung upaya membangun kembali Sulteng dibidang Pendidikan pasca bencana.

Salah satu bentuk dukungan adalah merekonstruksi SDN 05 Dolo, Kabupaten Sigi dan SDN 013 Sirenja, Kabupaten Donggala menelan anggaran sekitar Rp3.183.936.000, serta melengkapi dengan bantuan furnitur kelas dan perpustakaan untuk dua sekolah tersebut senilai total Rp275.000.000.

“Saya mengapresiasi bantuan dari RGE Group dan Tanoto Foundation dan saya berharap bantuan ini langsung bisa dimanfaatkan agar pelayanan pendidikan segera berjalan sebagaimana mestinya. Dukungan ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing berdasarkan keimanan dan ketakwaan,”  kata Dra. Hj. Sitty Hasbia N. Zaenong, M.Si, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, saat meresmikan kedua sekolah tersebut.

Direktur Asia Pacific Rayon, salah satu perusahaan RGE Group, Basrie Kamba dan tim Tanoto Foundation, berpose bersama siswa-siswi SDN 05 Dolo. photo: dokumentasitanotofoundation/kareba.id/2020

Sementara, Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon, salah satu perusahaan RGE Group mengatakan Rekonstruksi kedua sekolah tersebut atas arahan langsung dari pendiri Lembaga mereka, yakni  Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto.

Kepedulian sosial, merupakan salah satu nilai mereka dalam bekerja di RGE Group dan Tanoto Foundation. Dukungan ini juga selaras dengan filosofi yang ada di Tanoto Foundation, yaitu pendidikan yang berkualitas dapat mempercepat terciptanya kesetaraan peluang.

“Semoga dengan diresmikannya dua sekolah ini, anak-anak di Sigi dan Donggala bisa fokus belajar dengan nyaman dan tenang,” katanya.

Dana untuk rekonstruksi SDN 05 Dolo dan SDN 013 Sirenja sendiri berasal dari sumbangan staf  RGE Group dan Tanoto Foundation diseluruh dunia. Sumbangan yang terkumpul Rp1.079.293.009,- kemudian ditambah dua kali lipat oleh Keluarga Tanoto yaitu Rp2.158.586.018,- sehingga total menjadi Rp3.237.879.027.

Selain itu, RGE Group dan Tanoto Foundation juga berkontribusi pasca bencana dengan aksi tanggap darurat bencana berupa bantuan yang didistribusikan melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save The Children) sebesar Rp750 juta dan dukungan psikososial untuk korban bencana sebesar Rp250 juta.

Saat bencana 2018 silam, mereka juga memberikan Dukungan pesawat Beechcraft selama 4 hari yang terbang dari Balikpapan ke Palu dan sebaliknya, untuk mengangkut bantuan dan sukarelawan senilai Rp1,3 miliar. olagondronk/kareba.id/2020

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: