Take a fresh look at your lifestyle.

HUJAN LOKAL, PALU DAN SEKITARNYA

456

PALU, KAREBA.id – Menurut BMKG Provinsi Sulawesi Tengah melalui pengamat awan atau Forkester, Rio Martadi, tipe hujan saat ini termasuk hujan lokal. Hal tersebut, diakibatkan adanya gangguan cuaca laut Pasifik yang mempengaruhi penguapan dibeberapa laut sekitar Indonesia.

Selama ada gangguan itu, lanjutnya, otomatis penguapan diwilayah Laut Jawa dan Hindia akan naik keatas hingga ke awan, yang tadinya Surplus curah hujan diwilayah Sulteng dan sekitarnya  normal, akan mengalami ketambahan uap air dari penguapan laut Jawa dan Hindia,  melewati Kalimantan dan Sulawesi Tengah hingga menuju ke Laut Pasifik Utara. Daerah yang dilewati oleh uap ini akan terjadi penambahan suplai uap air sehingga curah hujan di wilayah Sulteng dan sekitarnya juga ikut bertambah. “begitu surplusnya bingga beberapa hari ini curah hujan turun namun tidak normal,” kata Rio kepada KAREBA.id,  Sabtu 8 Oktober 2016.

“Yang jelas masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungan dan juga tidak usah terlalu panik dengan curah hujan yang tiba tiba deras, selama kita menjaga lingkungan semoga  tidak terjadi apa-apa,” tambahnya. ANGGA PRATAMA / KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: