Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Pejabat yang Mundur Karena di Negaranya Kerap Mati Listrik

310

Jakarta, KAREBA. ID | Peristiwa listrik mati di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, Minggu 4 Agustus 2019, menimbulkan kepanikan. Aktivitas warga dan pelayanan publik terganggu akibat listrik mati (blackout). Sejumlah pihak meminta negara, dalam hal ini, PT PLN, untuk bertanggung jawab. Peristiwa yang sama pernah terjadi di luar negeri. Di beberapa negara, para pejabatnya sampai mengundurkan diri karena dianggap tak serius menangani urusan listrik. Siapa saja mereka?

  1. Menteri Kelistrikan Irak, Karim Waheed (2010) Dilansir dari bbc.com, Menteri Kelistrikan Irak tersebut mengundurkan diri pada tahun 2010.

    Karim mengundurkan diri karena protes yang terjadi di beberapa kota karena kekurangan pasokan listrik. Karim berdalih seringnya listrik mati di Irak karena kurangnya anggaran dari pemerintah dan jumlah pembangkit. “Karena rakyat Irak tidak mampu bersabar dalam penderitaan mereka, yang akan diringankan oleh proyek yang saya sebutkan yang akan menghilangkan kekurangan listrik. Dan karena masalah ini telah dipolitisasi di semua sisi, saya menyatakan di depan Anda dengan berani pengunduran diri saya,” kata Karim saat itu.

 

  1. Menteri Ekonomi Korea Selatan, Choi Joong-kyung (2011) Choi Joong-kyung mundur setelah peristiwa listrik mati secara menyeluruh di negaranya.

Seperti dilansir dari koreatimes.co.kr, Choi mengundurkan diri dan bertanggung jawab penuh                   atas peristiwa listrik padam di negaranya.
Berdasarkan penyelidikan, ada salah perhitungan saat melakukan kalkulasi cadangan listrik di Korea Selatan yang berakibat mati listrik secara besar-besaran. Hal itu berdampak pada lebih dari dua juta rumah di negara tersebut tidak teraliri listrik.

  1. Menteri Ekonomi Taiwan, Lee Chih-Kung (2017) Lee mengundurkan diri karena merasa gagal dalam mengurusi masalah listrik.

Dikutip dari financialexpress.com, kegagalan generator di pembangkit listrik menyebabkan pemadaman secara besar-besaran. Pemadaman tersebut berakibat jutaan rumah di seluruh Taiwan tidak teraliri listrik. Selain itu, membuat lampu lalu lintas menjadi mati dan pusat perbelanjaan serta perkantoran menjadi gelap gulita. Berdasarkan penyelidikan, terjadi kesalahan teknis operasional di pembangkit listrik gas alam terbesar di Taiwan yang membuat enam generator berhenti bekerja. kompascom/kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: