Take a fresh look at your lifestyle.

JALUR KEBUN KOPI TERUS DIBENAHI

349

PARIGI MOTUTONG, KAREBA.id – Sejumlah pekerja menyelesaikan pekerjaan pemasangan jaring penahan longsor disekitar jalur kebun kopi jalan trans Palu – Parigi Moutong. Meskipun hujan dan logsor sesekali terjadi, pekerja terus melakukan pekerjaannya.

Jalur darat dari Kota Palu menuju wilayah Timur Sulteng dan Provinsi Sulawesi Selatan, banyak melalui jalur kebun kopi. Makanya, setiap tahunnya sejumlah proyek pemeliharaan melalui dana APBN dikucurkan disana, karena tidak adanya jalur alternatif.

Sesuai pantauan dilokasi disepanjang jalur tersebut beberpa hari ini,nampak sejumlah kendaraan alat berat sedang beraktifitas melakukan pengerukan gunung disejumlah titik lokasi rawan longsor. Selain itu, dibeberapa tebing yang sudah dilakukan pengerukan, telah dibungkus jaring khusus sebagai penahan longsor yang selanjutnya akan dibuatkan dinding tebing tinggi sekitar 50 meter.

Salah satu pekerja dilapangan mengatakan, jrring tersebut sengaja dipesan khusus untuk tebing penahan longsor yang berasal dari Pulau Jawa.

“Ini jaring memang bagus dan kuat, memang khusus untuk tebing penahan longsor, didatangkan dari Pulau Jawa,” katanya.

Hinggat saat ini, jalur mengarah kesana dilakukan jam buka-tutup diwaktu-waktu tertentu untuk menunjang pekerjaan sejumlah titik rawan longsor, sehingga meminimalisir peristiwa longsor yang bisa berikibat kepada pengendara yang melewati jalur itu. NURDIYANTO/KAREBA.id/2016

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: