Take a fresh look at your lifestyle.

Jembatan Yondo Mpamona Tentena Dibongkar

367

Poso, KAREBA.ID | Jembatan Yondo Mpamona di Tentena, Kelurahan Sangele, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, resmi dibongkar oleh warga untuk direnovasi, Selasa 19 November 2019.

Proses pembongkaran jembatan Yondo Mpamona tersebut disaksikan langsung Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu, Kapolres Poso, AKBP. Darno, Dandim 1307 Poso, Letkol Inf Catur Sutoyo, Kapolsek Pamona Puselemba,  AKP. Anton Muhammad, pimpinan OPD terkait, unsur Tripika Kecamatan Pamona Puselemba serta pihak PT.Poso Energy.

Proses pembongkaran jembatan Yondo Mpamona di Tentena, Kabupaten Poso. photo: dokumentasiposoenergy untuk kareba.id/2019

Sebanyak 90 personil anggota TNI-Polri gabungan dari Kodim 1307 Poso dan Polres Poso diterjunkan untuk pengamanan jalannya pembongkaran jembatan Yondo Pamona.

Kapolsek Pamona Puselemba,  AKP. Anton Muhammad yang dikonfirmasi via telephone oleh media ini mengatakan, personil gabungan TNI-Polri yang diterjunkan dalam pengamanan tersebut sifatnya untuk membackup tugas dari pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang jumlahnya hanya mencapai 50 personil.

“Hal ini juga, sebagai bentuk antisipasi kami jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sekecil apapun itu,” terangnya.

Diakuinya, saat proses pembongkaran tersebut sempat diwarnai aksi damai oleh sekelompok warga dari Aliansi Penjaga Danau Poso. Namun, setelah dilakukan pendekatan serta komunikasi yang baik melalui korlapnya, peserta aksi akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan kembali kerumah masing-masing.

“Saat proses pembongkaran berlangsung, memang ada beberapa orang yang gelar aksi damai, mereka datang kelokasi menyampaikan apirasi dan menyanyi, setelah kita dekati dan lakukan komunikasi, mereka bisa menerima dan membubarkan diri dengan tertib,” ungkap Kapolsek Anton.

Ditambahkan, pada proses pembongkaran jembatan pada hari pertama sepenuhnya berjalan lancar, aman dan tertib.

“Jadi untuk pembongkaran tahap awal ini sesuai dengan rencana, seluruh proses pekerjaan pembongkaran atap hingga lantai, berjalan dengan aman dan tertib, kita berharap selanjutnya seperti itu,” katanya.

Diketahui, sehari sebelum pembongkaran jembatan Yondo Mpamona, Pemerintah Daerah (Pemda) Poso, DPRD Poso dan PT.Poso Energy melakukan pertemuan dan telah menyepakati jika proses pembongkaran jembatan tersebut dilakukan oleh warga Kecamatan Pamona Puselemba yang tersebar di sebelas desa. ishaqhakim/kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: