Take a fresh look at your lifestyle.

Masangu Maroso : Bekerja Untuk Kemanusian,  Belajar Cara Bersyukur

Pekan Ini Akan Berbagi Sembako dan APD Untuk Petugas Medis

328

Palu, KAREBA. ID | Sejumlah Volunter atau Relawan yang tergabung di Relawan Kemanusian Masangu Maroso mengepak sejumlah bahan pokok untuk dijadikan paket yang akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan dimasa wabah Corona Virus Disease atau Covid 19. Giat ini, untuk kesekian kalinya mereka gelar semasa wabah Virus Corona mulai merebak di Kota Palu dan sekitarnya.

Sekitar 10 an relawan, sejak satu bulan lebih ini sudah melakoni kerja kemanusian tersebut.  Mulai pembagian Masker, Handsanitizer, penyemprotan Disinfektan, membagikan makanan siap saji bahkan Sembako serta Alat Pengaman Diri (APD) bagi tenaga medis. 

Tak hanya itu, aksi mem backup tenaga medis maupun tim gugus covid yang melakukan penyemprotan disinfektan dalam kota serta ikut menjemput pasien OTG dan ODP mereka lakukan, untuk ikut serta memberikan kontribusi dimasa sulit ini.

Demikian Koordinator Relawan Kemanusian ‘Masangu Maroso’ menjelaskan saat kegiatan pengepakan sembako di Posko Otista 18, Sabtu 2 Mei 2020 sore tadi.

Pria yang enggan dipublish itu menjelaskan, relawan yang terdiri dari sejumlah lembaga dan paguyuban itu, sejak awal berkomitmen bersama bekerja untuk kemanusian.

“Niat kami dari awal bekerja untuk kemanusian, membantu sesama” tegasnya.

Salah satu volunter yang masih intens bergerak hingga hari ini, Rini Haris, pemilik Maleo Galeri Travel. Dia bersama dengan sejumlah rekannya pengusaha travel Palu sengaja bergabung dengan relawan Masangu Maroso untuk lebih belajar bersyukur dengan apa mereka kerjakan saat ini.

“kami khan penyedia jasa tiket dan tour. Dalam rezeki yang kami dapatkan sudah pasti ada hak orang lain, makanya kami ikut ambil bagian di relawan ini,” bebernya.

Lain pula dengan Didi Iskandar, Ketua Jaringan Arsitek Indonesia (Jari) Sulteng ini mengatakan, Masangu Maroso merupakan relawan kemanusian yang misi dan visinya sama dengan lembaga yang selama ini ia pimpin.

Bergerak membantu orang yang membutuhkan sudah menjadi prioritas dari gerakan lembaganya yang juga ada dalam relawan Masangu Maroso. 

“Makanya kami ikut membantu dan berkontribusi, karena visi dan misinya sama dengan kami yakni saling membantu dan bekerja untuk kemanusian,” ujarnya

Ia membeberkan bukti, sepekan sebelum bulan Ramadhan, Relawan Masangu Maroso bergerak cepat menyalurkan ratusan paket sembako di huntara warga kelurahan Lere yang setahun silam disapu sunami.

“Ini kerja riil mereka, saya ikut langsung dalam giat saat itu,’ katanya

Senada itu, Ita ‘Yellow” Nurgayanti sependapat dengan Didi, perempuan dari Komunitas Srikandi Pakaroso Palu itu tertarik ikut bergabung dan bekerja untuk kemanusian di ‘Masangu Maroso’. Sejumlah perempuan dalam lembaganya diajak ikut bergerak sejak sebulan lalu.

“Iya, saya ikut karena mau belajar cara bersyukur dan bekerja untuk kemanusian, sekaligus makin semangat karena sejumlah yang terlibat merupakan orang-orang yang sering tampil bekerja tanpa pamrih untuk kemanusian.” katanya.

Dokter muda beberapa orang yang juga konsern sejak awal juga berpendapat sama. Dia bersama beberapa rekannya antusias ikut bergabung karena memang bidang profesi ilmu yang selama ini mereka pelajari. 

“Iya…waktunya kami tampil digaris depan bersama relawan Masangu Maroso dimasa pandemic Corona ini,” tegas dr. ‘Ito’ Andi Rahman mewakili lainnya.

Tak mau ketinggalan, Iksan Nuse dan Al Hizam, dua perawat yang kini masih bekerja di rumah Sakit Anutapura dan Madani Palu milik pemerintah ini, mereka menjadi motivator gerakan kemanusian dari rekan-rekan sejawatnya.

“Kami dari awal ikut ambil bagian dari gerakan kemanusian ini. Kami tak mau ketinggalan ikut memberikan kontribusi, sekecil apapun itu untuk membantu sesama,” kata Iksan yang bekerja di RS Anutapura Palu.

Relawan untuk Kemanusian ‘Masangu Maroso’ merupakan gabungan dan support dari sejumlah Lembaga, antara lain, Masangu Maroso Foundation, Jaringan Arsitek Indonesia (Jari) Sulteng, Asosiasi Travel Indonesia (Asita) Sulteng, Komunitas Srikandi Pakaroso, Relawan Topepeili Palu, Komunitas Nmax Xmax Palu, aktifis Kesehatan Palu, Aktifis Perawat Palu, Dokter, Komunitas Pelajar Berbudaya dan Relawan kemanusian. zmn/kareba.id/2020

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: