Take a fresh look at your lifestyle.

Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh-Palu Akan Diresmikan Bulan Ini

369

Palu, KAREBA. ID | Sudah dinanti-nanti masyarakat Palu khususnya Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga. Akhirnya, Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh-Palu akan segera diresmikan. Direncanakan, peresmian masjid akan dilaksanakan pada Minggu (22 November 2020). Rencananya diresmikan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Pembangunan masjid yang dibiayai masyarakat dan pemerintah Aceh saat ini sudah mencapai 95 persen, tinggal menyisakan pekerjaan pemasangan sound system, perapian dan pembersihan akhir.

Sekretaris panitia peresmian, Mansyur Nursyad mengaku sudah menerima tembusan surat kesiapan Gubernur Aceh untuk meresmikan masjid yang menelan biaya Rp 3,3 milyar itu.

“Insya Allah pada tanggal 22 November 2020, Gubernur Aceh akan resmikan. Kami mohon do’a seluruh masyarakat, karena masjid ini akan menjadi ikon baru di Kota Palu bahkan di Sulawesi Tengah,” imbuh Lurah Palupi ini.

Meskipun diresmikan disaat masih dalam pandemi Covid-19 (Virus Corona), Mansyur menegaskan, pada saat peresmian nanti protokol kesehatan akan dijalankan.

“Tapi, meskipun masih dalam  situasi pandemi nanti kita tetap kita laksanakan protokol kesehatan pada saat persemian. Sebab, itu merupakan kewajiban kota,” lanjutnya.

Interior Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh-Palu (FOTO: IKHSAN MADJIDO)

Seperti diketahui, pembangunan kembali Masjid Jami’ Nurul Hasanah Pengawu—yang kemudian diberi nama Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh-Palu—yang hancur akibat gempa 28 September 2018 menggunakan dana bantuan masyarakat dan Pemerintah Aceh sebesar Rp 3,3 miliar.

Peletakan batu pertama masjid berukuran 20×20 itu dilakukan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019. Dibangun atau dirancang dengan perpaduan arsitektur rumah adat Tambi dan Aceh.

Masjid Jami’ Nurul Hasanah di Kota Palu merupakan masjid kedua yang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat Aceh di lokasi bencana setelah yang pertama, yaitu Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Kareba.id/Ikhsan Madjido).***

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: