Take a fresh look at your lifestyle.

MASYARAKAT BERHARAP PEMKOT BISA FUNGSIKAN LISTRIK TENAGA AIR DI UVENTUMBU

283

 

UVENTUMBU, KAWATUNA – KAREBA.id | Ratusan Masyarakat yang mendiami pedalaman Uventumbu kelurahan Kawatuna Kecamatan Palu Timur, sekitar 7 Kilo Meter dari jalan raya Kawatuna, berharap Pemerintah Kota bisa mengfungsikan kembali pembangkit listrik tenaga air menggunakan kincir didaerah mereka. Karena saat ini, sejumlah rumah disana hanya menggunakan pembangkit listrik mengandalkan tenaga surya.

Sebina (42) warga lingkungan RT 01 RW 05 Uventumbu mengatakan, beberapa rumah disekitarnya kediamannya menggunakan panel surya untuk mendapatkan listrik. Namun, kendala ia temui jika Aki sebagai Baterai penyimpan daya listrik itu terkadang lekas rusak sehingga ia beserta keluarga lainnya tidak dapat menikmati aliran listrik.

PEMBANGKIT LISTRIK UVENTUMBU – Ketua Rukun Warga (kiri) dan Ketua Rukun Tetangga (kanan) menunjuk Dinamo pembangkit listrik kincir yang dibawa pegawai Pemerintah Kota untuk diperbaiki, namun sudah hampir setahun tak kunjung ada dilingkungan Uventumbu Kelurahan Kawatuna, Selasa 16 Mei 2016. Sekitar 700 orang warga disana saat ini hanya menggantungkan listrik dari panel surya. PHOTO OLAGONDRONK/KAREBA.id/2017

Dahulu, sekitar setahun lalu saat listrik tenaga kincir tersebut masih berfungsi dengan baik, ia masih bisa menikmati aliran listrik 1×24 jam. Namun, karena kerusakan Dinamo pembangkit tersebut, hingga saat ini ia dan warga lain kesulitan mendapatkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sudah sekitar satu tahun dynamo itu dibawa orang dari dinas, tapi sampai saat ini belum kunjung tiba untuk diperbaiki,” urainya Selasa 16 Mei 2017.

Senada dengan Sebina, Nasir (44) yang juga ketua RT 02 Uventumbu membenarkan persoalan kelistrikan diwilayahnya. Ia berharap pemerintah Kota Palu segera mengatasi persoalan listrik dilingkungannya yang didiami sekitar 300 an warga.

“Saya selaku RT disini berharap pemerintah kota Palu bisa membantu masalah listrik di Uventumbu,” pintanya.

Kepala Rukun Warga 05 Kawatuna, Ichal (41) membenarkan masalah kelistrikan yang dialami warganya. Ia juga berharap dinas terkait yang menjanjikan untuk memperbaiki dynamo pembangkit listrik menggunakan kincir tersebut segera membantu mengatasi masalah itu.

“Iya dulu ada dari dinas yang membawa alat pembangkit tersebut untuk diperabiki, tapi sudah hampir setahun ini tak kunjung datang untuk mengaktifkan pembangkit itu. Semoga pemerintah bisa membantu kesulitan listrik kami,” katanya. OLAGONDRONK/KAREBA.id/2017

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: