Take a fresh look at your lifestyle.

Memaknai ‘Ride Together Brothers Forever’

Untuk 5 Tahun NRXR Palu dan Indonesia

222

Palu – Komunitas maupun organisasi yang kerap berkumpul karena kesamaan hobby ditanah air tak sedikit jumlahnya, mungkin ribuan nama dan jutaan anggota. Tak ketinggalan, komunitas, organisasi maupun kelompok khusus pecinta motor-roda dua, yang tersebar 34 provinsi di Indonesia.

Sebut akrab bagi penghoby yang sama ini adalah biker. Mereka jika berkendara, ada yang sukanya sendiri, berdua dengan rekannya dan bahkan bergerombol menuju tempat-tempat tertentu untuk sekedar refreshing, meneguk kopi, mengungjungi tempat wisata dan mempererat ikatan persaudaraan antar sesama pengendara.

Nmax Riders Indonesia atau sering disebut NR Indonesia adalah sebuah komunitas yang berdiri sejak tahun 2015 silam oleh sejumlah biker yang menggunakan kendaraan type Nmax, salah satu varian Yamaha yang dilounching tahun itu.

Seiring waktu, berkembang pesat dan hampir didirikan di 34 Provinsi dan ratusan Kabupaten/Kota di Tanah Air, NR Indonesia kemudian menambah sebutannya menjadi Nmax Xmax Riders Indonesia (NRXR Indonesia) yang diikuti sejumlah anggotanya yang mengupgrade ‘tunggangannya’ dengan varian Xmax 250cc, merupakan kakak dari Nmax 155cc milik Yamaha.

Semakin hari, pecinta motor daerah-daerah lain menginginkan untuk bergabung dengan komunitas ini karena dianggap salah satu komunitas yang mengedepankan ‘persaudaraan’ ketimbang hal-hal negative.

Dengan slogan Ride Together Brothers Forever yang berarti Berkendara Bersama Bersaudara Selamanya komunitas NRXR Indonesia bak menjadi magic bagi pecinta motor nmax dan xmax melebur menjadi satu dalam komunitas ini.

Saya sendiri, sebagai penulis maupun pewarta foto disejumlah kantor berita, baru sekitar 2 tahun lebih bergabung dalam komunitas ini. Perjalanan yang begitu melelahkan puluhan kali saya lalui seakan tak pernah membuat bosan. Karena tujuan dasar saya bergabung menambah kawan-teman hingga menjalin persaudaraan.

Seiring waktu berjalan, saya akhirnya bertemu langsung dengan beberapa pendiri komunitas ini, ngopi bersama dan berdiskusi saling akrab. Seabrek suka duka telah saya dengarkan sendiri hingga komunitas ini mempunyai ratusan cabang dan ribuan anggota yang tersebar di nusantara.

Alfatihah buat Om Hilman Hasyya, salah satu pendiri komunitas Nmax Xmax Riders Indonesia ini yang berpulang 6 September 2020 saat touring bersama di Dieng karena sakit, beberapa hari lalu. Beliau telah menanamkan sebuah ‘harga mati’ dalam komunitas ini soal pentingnya ‘persaudaraan’ diatas segalanya jika ingin komunitas tersebut langgeng.

Menurutnya, Logo Pin dan Emblem serta pernak-pernik serta bentuk apapun dalam komunitas, yang kemudian dipajang di jaket, kemeja dan rompi bukanlah segalanya dalam menggapai sejatinya seorang biker.

Istilah pun slogan yang jumlahnya banyak seperti ‘Ride Together Brothers Forever’ tak akan berarti jika hanya diucapkan tanpa didasari dari dalam hati yang kemudian dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari terutama saat berkendara dari satu tempat ke tempat lain. Iya, slogan bukan dari mulut, akan tetapi diimplementasi dalam kehidupan, kata Kong Hilman Hasyya suatu saat touring bersama penulis mengelilingi jalanan pulau Sulawesi setahun yang silam.

Nmax Xmax Riders Indonesia yang mengangkat slogan ‘Ride Together Brothers Forever’ artinya Berkendara Bersama Bersaudara Selamanya, telah berumur 5 tahun lebih. Suka duka komunitas ini telah menjadikan hampir seluruh anggotanya (Member) menjadi lebih rendah hati, solid dan profesional dalam berkomunitas.

Di Pulau Sulawesi (Celebes) khususnya, komunitas ini berkembang pesat sama seperti komunitas lainnya. Komunitas yang tidak memandang dan membedakan organisasi-komunitas lainnya dalam melakoni hobby yang sama ini, selalu mengedepankan persaudaraan ketimbang hal lain dalam berkomunitas.

Nmax Xmax Riders Palu, adalah salah satu cabang dari ratusan yang ada di nusantara. Komunitas yang juga merupakan salah satu yang berdiri saat dibentuknya Nmax Riders Indonesia sejak tahun 2015 silam. Dalam rentang waktu itu, komunitas ini terus membenahi diri dan berupaya professional dibidangnya.

5 tahun bukanlah umur yang sudah tua, dan bukan pula umur yang muda kalau diibaratkan umur manusia.

Banyak suka dan duka telah dilewati, beribu kilometer aspal telah menjadi saksi. Beribu saudara tak sedarah sudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik.

Mengingat diri dalam satu ikatan persaudaraan dalam menjalani hobby yang sama adalah tujuan dari banyak tujuan berkomunitas.

Harapan akhirnya, tetaplah rendah hati, menjaga kekompakan dan selalu menjadi panutan baik dijalanan maupun dalam berkomunitas bagi seluruh NRXR Indonesia, NRXR Celebes dan NRXR Palu.

Happy Aniversarry 5th Nmax Xmax Riders Palu

Ride Together Brothers Forever

* Oleh Olagondronk ZMN [Penulis adalah Jurnalis-Pewarta Foto dan Anggota NRXR Palu]

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: