Take a fresh look at your lifestyle.

Menpupera : Rekonstruksi Bangunan Pascagempa Lombok Mulai Awal September

860

JAKARTA, KAREBA. ID | Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, mengatakan, pemerintah akan memulai rekonstruksi bangunan pascagempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), di awal September 2018.

“September sudah kita mulai. Persiapannya berarti tinggal dua minggu,” kata Basuki usai memberikan orasi ilmiah di gedung LIPI, Jakarta, Kamis 23 Agustus 2018 kemarin.

Sebagai persiapan rekonstruksi, akan ada 150 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram (Unram) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diterjunkan sebagai pendamping dan dilatih cara membangun 20 komponen Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, mekanisme rekonstruksi bangunan di Lombok pascabencana gempa tidak dengan membangun hunian sementara (huntara), tetapi tenda saja. Ini karena rekonstruksi bangunan akan dipercepat.

“Pembangunan rumah-rumah dipercepat, enam bulan akan diupayakan selesai dengan cara swakelola masyarakat. Masyarakat yang akan membangun sendiri dengan pendampingan, mereka harus bekerja,” ujar Basuki.beritasatucom/kareba.id/2018

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: