Take a fresh look at your lifestyle.

PANGGANG MASSAL ‘LALAMPA’ PECAHKAN REKOR MURI

440

PARIGI MOUTONG, KAREBA.id | Sekitar 2 Ribu orang masyarakat dari 278 Desa di 23 kecamatan serta kelompok pencinta Alam se kabupaten Parigi Moutong memanggang ‘Lalampa’ saat pembukaan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) dilokasi eks pelaksanaan Sail Tomini, di Kayu Bura, pagi tadi, Sabtu 22 Oktober 2106.

Sedikitnya ada sekitar 135.360 bungkus Lalampa dipanggang sehingga memecahkan rekor MURI panggangan terbanyak sebelumnya yakni 127.350 bungkus. Untuk jumlah Lalampa tersebut, panitia menghabiskan beras ketan sekitar 3 ton, ikan Tuna yang diisi didalamnya sebanyak 1,5 ton dan Arang yang digunakan untuk memanggang sebanyak 3 ton serta alat pemanggang yang digunakan sebanyak 47 buah yang setiap panggangannya memiliki panjang 36 meter.

Lalampa adalah penganan khas yang terbuat dari beras ketan yang sudah dimasak, diberi isi Ikan tuna dan kemudian dibungkus dengan daun pisang berbentuk bulatan memanjang dan dipanggang untuk mematangkan.

Sejumlah kegiatan juga digelar pada FPTT ini, seperti lomba perahu layar, lomba triatlon (renang, lari, sepeda), lomba offroad, parade budaya, pameran kuliner dan berbagai atraksi seni budaya lainnya serta juga dimeriahkan rally wisata. OLAGONDRONK/KAREBA.id/2016

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: