Take a fresh look at your lifestyle.

PELATIHAN TENUN, MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS

268

PALU, KAREBA.id – Dua puluh orang mengikuti pelatihan tenun, sebagai upaya meningkatkan keterampilan, kualitas dan kuantitas penenun tradisional.

Ketua panitia Hayati Borman menyatakan, pelatihan akan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 10 hingga 15 oktober 2016 mendatang, bertempat di Batik Bomba kecamatan Palu Barat dan diikuti sekitar 20 orang peserta.

Dia menambahkan, peserta-peserta tersebut merupakan para penenun tradisional yang ada dibeberapa daerah yakni 12 orang dari Wani, dari Loli 5 orang dan berasal dari Kola-kola 3 orang.

Pelatihan tenun ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar, sehingga produk mampu berdaya saing yakni produk yang memenuhi standar kualitas dan kuantitas Nasional.

Ia juga mengatakan kegiatan iti sangat penting diikuti para penenun untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan pengrajin industri kecil.

”Peserta pelatihan akan mempelajari cara mencelup dan membuat motif,” katanya.

Dia juga menjelaskan panjangnya proses dalam pembuatan kain tenun, ada sekitar 7 tahapan yang harus d kerjakan, mulai dari menggulung benang, mencelup, melukis motif, dan seterusnya.

“Semoga peltihan ini memberikan nilai tambah bagi pengrajin kita biar kedepan bisa menghawsilkan tenunan yang berstandar Nasional,” tegasnya. ENHAL LOISA/KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: