Take a fresh look at your lifestyle.

PENGGIAT LITERASI RAMAIKAN HAI 2016

260

PALU, KAREBA.id – Sekitar 40 lembaga penggiat Literasi di Sulawesi Tengah ikut meramaikan Festival Literasi pada peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2016 yang dipusatkan lapangan Pogombo Kantro Gubernur Sulteng.

Sejumlah penggiat itu, mengisi stand pameran yang telah disiapkan panitia pelaksana. Dokumentasi dari berbagi pendampingan pendidikan diberbagai pelosok ditampilkan ditempat itu.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs Longki Djanggola melalui Asisten I bidang Pemerintahan Drs Arif Latjuba Msi mengatakan, festival literasi ini merupakan wujud dipercayanya daerah ini dalam andil menuntaskan buta aksara. Kegiatan yang digelar 18 hinga 20 Oktober dilaksanakan dihalaman belakang kantor gubernur merupakan kegiatan priortias pemerintah daerah Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan.

Ditempat yang sama, ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sulawesi Tengah, Neni Muhidin mengatakan jika kegitan ini merupakan wujud dari semangat pemuda-pemudi didaerah ini dalam mengentaskan buta aksara, yang mayoritas berada di pelosok-pelosok daerah.

Menurutnya, peran serta pemerintah dalam upaya menuntaskan buta aksara bersama sejumlah penggiat literasi di Sulteng harus lebih di sinergikan. Pemerintah Daerah maupun kabupaten/kota tak perlu sungkan bekerjasama dengan lembaga yang bergerak dalam pendampingan masyarakat terutama yang bergerak dalam pendampingan membaca dan menulis yang telah bergerak lama dibeberapa daerah terpencil.

“Kami telah lama bergerak dibeberapa daerah terpencil di Sulteng. Masyarakat yang jauh dari fasilitas pemerintah berupa taman baca dan perpustakaan telah dapat menikmati dan belajar membaca dan menulis melalui kawan-kawan penggiat Literasi. Ada yang masih swadaya dan menggunakan dana dari donasi untuk membeli perlatan menulis dan buku-buku,” urai pria yang tak kenal lelah menggerakan ratusan sedekah buku melalui “Hagala Buku” itu.OLAGONDRONK/KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: