Take a fresh look at your lifestyle.

Penting Keterlibatan Pemantau di Pilkada Poso

299

POSO -KAREBA. ID | kegiatan pemantauan terhadap proses pelaksanaan Pilkada Poso sejak dari tahapan awal hingga akhir nanti penting dilakukan, meskipun disadari bahwa ada Bawaslu/Panwaslu sebagai salah satu penyelenggara Pemilu yang bertugas ikut mengawasi.

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki mengatakan, di bulan November 2019 hingga Agustus 2020 mendatang, KPU Poso telah membuka pendaftaraan bagi Lembaga Pemantau. Yakni lembaga survei jejak pendapat dan penghituangan cepat dari berbagai pihak dari organisasi non pemerintah, perguruan tinggi atau institusi lainnya untuk menjadi bagian dari mengawasi dan memantau proses hasil dari Pilkada serentak.

Hal ini berdasarkan PKPU 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada 2020.

“Tentunya ini adalah salah satu upaya kita untuk memaksimalkan kwalitas dari tahapan, proses dan hasil dari pilkada kali ini,” ujarnya.

Dengan adanya pemantauan yang maksimal dari berbagai pihak yang terlibat langsung, utamanya KPU sebagai lembaga tehknis penyelenggara benar benar menjalankan seluruh proses tahapan Pilkada.

“Apakah itu sudah sesuai dengan aturan hukum baik itu sifatnya UU pilkada maupun PKPU,” tambahnya.

Menurut Budiman Maliki, berdasarkan ketentuan PKPU 15 tahun 2019, sejak 1 November 2019 KPU Poso secara resmi telah mengumumkan melalui surat KPU No 076/XI/2019, tentang pendaftaran lembaga pemantau pemilihan, lembaga survei atau jejak pendapat dan penghitungan cepat kepada publik.

KPU Poso berharap dengan adanya kesempatan yang baik ini, mengajak stakeholder terlibat memantau jalannya Pilkada kali ini khususnya di Kabupaten Poso.

“Adanya lembaga pemantau, hasil pilkada kita nanti benar benar bisa berdampak baik dan berkwalitas,”tutupnya. ishaqhakim/kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: