Take a fresh look at your lifestyle.

Perwakilan Kerajaan Palu Kenalkan Siga Kepada 107 Raja Sultan se Indonesia

538

LOMBOK TENGAH, MATARAM, KAREBA.ID | Rapat Kerja (Raker) Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (Mars Indonesia) 12 hingga 14 Mei 2017 di Praya Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat dihadiri sekitar 107 perwakiilan kerajaan dan kesultanan se Indonesia. Pada pertemuan para raja, sultan, pemangku adat dan pemerhati budaya tersebut, secara tegas forum itu akan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui silaturahmi antar kerajaan, kesultanan dan kebudayaan.

Kerabat Kerajaan dan pemerhati kebudayaan delegasi Kota Palu-Sulawesi Tengah yang mendapat undangan pada forum itu diwakili oleh tiga orang. Mereka memperkenalkan sepenggal cerita mengenai kerajaan Palu dan sekitarnya serta memperkenalkan budaya dan adat istiadat di tanah Kaili.

SIGA KAILI – Kerabat Kerajaan Palu dr. Nirwansyah Parampasi dan Alfian Gopal memasangkan Siga kepada R. Hadi Santoso S.AP Laksamana Pertama TNI sebagai Sesepuh Sentono Dalem Perdikan Majan Tulung Agung usai Raker Majelis Agung Raja Sultan (Mars) Indonesia, Sabtu 13 Mei 2017 di Praya Lombok Tengah. Sejumlah 107 delegasi kerajaan sultan se Indonesia yang menghadiri Raker Mars Indonesia, diantaranya mendapatkan penghargaan Siga dari kerabat kerajaan Palu. photo olagondronk/kareba.id/2017

Nirwansyah Parampasi yang berprofesi sebagai dokter di Rumah Sakit (RS) Anutapura milik pemerintah Kota Palu itu, merasa terharu menjadi salah satu undangan yang menghadiri forum kerajaan dan kesultanan se Nusantara tersebut.

Menurutnya, Kota Palu dan Sulawesi Tengah yang memiliki sejumlah kerajaan ternyata juga sangat dihargai dan dihormati oleh ratusan kerajaan dan kesultanan yang tersebar dari Sabang hingga Marauke.

“Mereka sangat menghargai keberadaan kerajaan dan kebudayaan di kota Palu khususnya dan Sulawesi Tengah umumnya. Sejumlah nama Raja yang mereka tanya ke saya yang masih ada keturunannya hingga saat ini, kiranya bisa ikut dalam undangan pertemuan berikutnya dalam forum itu,” urainya.

Sementara itu, disela-sela rapat kerja yang diadakan disalah satu hotel di kabupaten Lombok Tengah, perwakilan kota Palu Nirwansyah mewakili kerabat kerajaan Palu, Alfian Gopal mewakili kerabat kerajaan Siranindi dan Olagondronk mewakili kerabat kerajaan Tatanga dan pemerhati budaya, menyempatkan diri memberikan penghargaan pemasangan Siga (Ikat kepala Suku Kaili) kepada Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dari Kesultanan Palembang, Datu Lalu Putria Siladendeng dari kerajaan Siladendeng Lombok Tengah dan R. Hadi Santoso S.AP Laksamana Pertama TNI sebagai Sesepuh Sentono Dalem Perdikan Majan Tulung Agung.

“Kami bertiga memberikan hadiah dan penghargaan berupa Siga kepada beberapa raja dan sultan se nusantara, sebagai wujud kegembiaraan dan sekaligus memperkenalkan simbol-simbol budaya dari daerah Palu,” kata Alfian Gopal.

MARS INDONESIA – Puluhan perwakilan raja, sultan dan pemangku adat se Indonesia berpose bersama usai Raker Majelis Agung Raja Sultan (Mars) Indonesia, Sabtu 13 Mei 2017 di Praya Lombok Tengah. Mars Indonesia dengan tegas akan mempertahankan NKRI melalui forum tersebut. photo olagondronk/kareba.id/2017

Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dari Kesultanan Palembang yang mendapatkan penghargaan pemberian Siga sebagai symbol budaya kerjaan Kaili itu, merespon dengan sukacita saat prosesi pemasangan Siga usai pemaparan Raker Mars Indonesia di Balroom hotel Dmax Praya Lombok Tengah.

“Saya sangat terharu dan merasa dihargai oleh kerajaan Palu. Saya sangat berterima kasih dianggap keluarga oleh masyarakat Kota Palu, saya akan menjaga Siga ini, semoga Siga ini menjadi sebagai simbol budaya suku Kaili dan akan mempersatukan seluruh kerajaan dan kesultanan se nusantara,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidatonya ketua Panitia Raker Mars Indonesia AA Ngurah Ugrasena Puri Agung Singaraja dengan tegas mengatakan jika forum itu merupakan forum resmi yang diakui pemerintah untuk menjaga NKRI melalui silaturahmi para Raja, Sultan, Pemangku Adat, Pemerhati  Budaya dan kerabat.

“kita di forum ini siap menjaga NKRI,” tegasnya.zainuddinmn/kareba.id/2017

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: