Take a fresh look at your lifestyle.

RATUSAN RESEP KELOR MENDUNIA DICATAT MURI

281

PALU, KAREBA.id | Tanaman Kelor yang tumbuh di Kota Palu dan sekitarnya dibuat pelbagai resep sehingga mendunia dan dicatat Meseum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai makanan dan minuman yang beraneka ragam diciptakan.

Kelor yang dikenal dengan sebutan ilmiahnya Moringa Oleifera itu merupakan bahan makanan untuk membuat sayur santan maupun sayur bening didaerah ini oleh suku Kaili dengan sebutan Uta Kelo (Sayur Kelor).

Oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Sulawesi Tengah diolah dengan berbagai jenis makanan dan minuman, sehingga menjadi 182 jenis olahan yang dicatat MURI sehingga diberikan penghargaan dan diterima pemerintah Sulawesi Tengah melalui Gubernur Drs Longki Djanggola dan APJI Sulteng, di Anjungan Teluk Palu, Senin 5 Desember 2016.

Festival bertajuk Kelor mendunia yang digelar APJI itu berhasil mendapatkan peghargaan MURI sebagai jenis makanan dan minuman berbahan baku kelor terbanyak di dunia. Target yang sebelumnya akan menyajikan 150 jenis makanan dan minuman berbahan Kelor, oleh panitia akhirnya dikreasi hingga mencapai 182 jenis resep.

“APJI pusat sudah memesan Cheese kelor, Keripik dan Kue Bolu. Semoga semua jenis resep ini makin berkembang lagi dan akan mendunia,” ucap Ketua APJI Sulteng, Asmartatie Tombolotutu.

Kegiatan pencatatan rekor baru dan pemberian penghargaan MURI ini dihadiri langsung Gubernur Longki Djanggola dan Ketua Tim Penggerak PKK Zalzulmida Aladin Djanggola, Bupati Sigi serta sejumlah pejabat. OLAGONDONK/KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: