Take a fresh look at your lifestyle.

SEKOLAH ALAM SALENA IKUT FESTIVAL LITERASI

230

PALU, KAREBA.id – Yayasan Masang Maroso (YMM) mengikutkan pendampingan mereka di Sekolah Alam Salena pada Festival Literasi peringatakan Hari Aksara Internasional (HAI) 2016.

Sekolah Alam Salena yang berada di lingkungan Salena, Keluarahan Buluri kecamatan Ulujadi yang didirikan YMM telah ada sejak Februari 2016 lalu. Sekolah yang berbasis lingkungan alam sekitar daerah itu, dibina oleh sekumpulan pemuda yang bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak didaerah terpencil berupa membaca, menulis dengan berlatar belakang kearifan lokal.

baca juga : http://kareba.id/penggiat-literasi-ramaikan-hai-2016/

Kepada KAREBA.id manager program YMM Adonk Saifullah menjelaskan, lembaganya sejak beberapa bulan lalu memulai melakukan pendampingan di Salena. Mereka mengajarkan pendidikan kepada sekitar 70 anak-anak disana. Sekolah Alam Salena mengajarkan cara membaca dan menulis dengan peralatan seadanya dari hasil swadaya lembaga. Sekolah yang berbasis lingkungan alam disana mengedepankan kearifan lokal disana. “kami mengajar disana saban Sabtu hingga Minggu, setiap pekannya,” terangnya.

Senada itu, Iis Ukkas, Ramlah Ibeth, Selvi Tamalanja didampingi Poppy Pusadan selaku Manager Perempuan dan Anak YMM membenarkan perihal itu. Mereka menambahkan, jika jalan menuju daerah Salena yang diapit dua belah gunung itu sangat rusak dan berbatu. Terkadang harus pelan-pelan kalau menuju kesana. Motor yang dipakai kesana takjarang terjatuh karena jalannya penuh bebatuan,” urai mereka saat di festival Literasi halaman belakang kantor gubernu sulteng.

Festival yang dibuka Gubernur Sulawesi Tengah Drs Longki Djanggola itu rencananya juga akan dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan diikuti sekitar 40 lembaga penggiat Literasi. ANGGA PRATAMA/KAREBA.id/2016

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: