Take a fresh look at your lifestyle.

SMUN 5 PALU LAKUKAN PENELITIAN TUMBUHAN DI TNLL

524

LORE UTARA, KAREBA.id | Sekitar 160 Siswa-siswi kelas X jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) 5 Palu melakukan penelitin Vegetasi tumbuhan di Taman Nasional Lore Lindu, tepatnya disekitar Danau Kalimpa’a (Danau Tambing-red), desa Sedoa kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso, 11 hingga 12 Februari 2017, akhir pekan lalu.

Kegiatan penelitian tumbuhan itu, didamping sejumlah guru mata pelajaran dan diawasi langsung kepala sekolah SMUN 5 Palu, H. Idris Ade, Spd. Msi.

PENILITIAN TUMBUHAN – Seorang guru pelajaran IPA menjelaskan tumbuhan Kantung Semar yang bereda dipapan pengumuman TNLL kepada sejumlah siswa-siswi SMUN 5 Palu yang mengikuti kegiatan penelitian, Sabtu 11 Februari 2017. Sekitar 160 Siswa-Siswi itu mengikuti kegiatan penelitian Vegetasi Tumbuhan di Danau Kalimpa’a/Tambing selama 2 hari. PHOTO ACO/KAREBA.id/2017

Sejumlah siswa mengamati tumbuhan yang ada sekitar lokasi tersebut. Tumbuhan yang endemik berada dikawasan TNLL tersebut menjadi bahan penelitian yang memiliki nilai tersendiri bagi peserta penelitian tersebut.

Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan suasana kegiatan outdoor disekitar danau Kalimpa’a.

Idris Ade mengatakan, selaku penanggung jawab kegiatan itu, ia sangat mendukung dan berterima kasih kepada siswa-siswi dan sejumlah guru pendamping atas terlaksananya kegiatan penelitian tersebut karena berjalan sesuai rencana.

PENILITIAN TUMBUHAN – Sejumlah siswa-siswi SMUN 5 Palu meniliti tumbuhan yang ada disekitar Taman National Lore Lindu, Sabtu 11 Februari 2017. Sekitar 160 Siswa-Siswi itu mengikuti kegiatan penelitian Vegetasi Tumbuhan di Danau Kalimpa’a/Tambing selama 2 hari. PHOTO ACO/KAREBA.id/2017

“saya harapkan apa yang mereka teliti  selama 2 hari di TNLL ini bisa menjadi langkah awal bagi mereka untuk mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan tentang vegetasi yang ada,” terangnya.

Sementara itu salah seorang siswa kelas X IPA 3, Jihan, mengatakan dirinya dan siswa maupun siswi lainnya sangat senang karena penelitian tersebut berada dilokasi kegiatan outdoor sehingga dia sekaligus bisa menikmati tempat itu usai melakukan penelitian.

“kita sekaligus bisa menikmati sejuknya alam sekitar danau Kalimpa’a atau sering orang disebut danau Tambing,” katanya.

MENIKMATI DANAU KALIMPA’A-Siswa-Siswi menikmati alam sekitar tempat penelitian mereka di Danau Kalimpa’a/Tambing. Selain melakukan penelitian, mereka juga diajarkan untuk selalu bijak dengan alam. PHOTO ACO/KAREBA.id/2017

Koordinator guru mata pelajaran Biologi, Andriyani Madjid menjelaskan, mereka sengaja memilih tempat tersebut karena dikawasan itu memiliki banyak spesies tumbuhan yang dapat dilakukan penelitian. Misalkan kantung semar, yang tidak dimiliki oleh tempat lain, sehingga cocok untuk dijadikan tumbuhan untuk diteliti bagi siswa-siswi.

Selain itu, siswa-siswi disamping mendapat ilmu pengetahuan juga diajarkan tentang bagaimana cara menghargai alam dan melatih kemandirian hidup dialam terbuka dengan cara tidak mengambil sesuatu kecuali gambar, tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak, dan tidak membunuh sesuatu kecuali waktu, ”Kita juga mengajarkan kepada siswa-siswi mengenai cara bijak dengan alam,” sebut Mohammad Arief, pembina OSIS SMUN 5 Palu yang juga aktifis Alam Bebas. OLAGONDRONK/KAREBA.id/2017

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: