Take a fresh look at your lifestyle.

Telaga Kaca Paisu Pok, Destinasi Wajib Dikunjungi Libur Akhir Tahun dan Sedang Viral

208

“Saya jamin Anda akan dibuat terpukau dengan tempat ini. Langsung jatuh hati deh,” kata pemandu perjalanan yang hari itu akan membantu kami menyusuri destinasi wisata di Banggai Kepulauan (Bangkep).

Lokasi yang menjadi tujuan perjalanan kami berjarak sekitar 2 jam dari Salakan, ibu kota kabupaten Bangkep.

Langkah kakiku terhenti sejenak, tercengang melihat pemandangan di depan mata.

Setelah berjalan dari tempat parkir kenderaan sekira 5 menit, saya melihat perahu meluncur di atas kaca.

Riak-riak air yang dari dayung meyakinkan saya bahwa itu adalah perahu di atas air.

Netizen yang pernah berkunjung ke destinasi ini menyebutnya danau hijau, danau biru hingga danau cermin.

Saya cenderung menamakan telaga kaca Paisu Pok. Dengan kejernihannya, saat berperahu yang disewa Rp10 ribu satu kali trip, ada sensasi melayang karena bisa melihat pemandangan hingga ke dasar-dasar telaga tanpa menyelam.

Dalam bahasa setempat, Paisu Pok berarti air hitam. Terdengar aneh karena kenyataannya danau ini memiliki air yang begitu jernih dan transparan.

Pemandangan air yang jernih sebening kaca dengan alam masih alami adalah salah satu ciri dari telaga ini.

Nah, kalau biasanya rencana liburan ke pulau terpencil berakhir sebagai angan-angan semata saja (karena faktor jarak, waktu, dan biaya), mungkin sudah saatnya Anda melirik telaga cantik di pulau Peling ini.

Untuk dapat berwisata di tempat ini, Anda dapat melakukan perjalanan dari Kota Makassar ( Provinsi Sulawesi Selatan) yang berjarak sekitar 1.200 km, dengan waktu tempuh sekitar 36 jam perjalanan darat. Jika menggunakan angkutan udara memakan waktu 45 menit (ke Bandara Syukuran Amnuddin Amir, di Luwuk). Dari Kota Palu berjarak 600 km, dengan waktu tempuh 12 jam perjalanan darat, untuk angkutan udara hanya sekira 45 menit. Tentu dengan pemberhentian utama di Kabupaten Banggai (Kota Luwuk), kemudian dilanjutkan dengan perjalan laut selama 4 jam perjalanan dengan kapal kayu atau 2 jam dengan kapal cepat ke Salakan, ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan.

Bila Anda bukan penggemar wisata petualangan dan lebih menyukai wisata spiritual yang bisa memberikan ketenangan jiwa. Anda bisa datang di Telaga Paisu Pok yang terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan. Suasananya begitu hening dan memberi ketenangan bagi jiwa. Cocok untuk Anda yang sedang mendambakan kedamaian dan mencoba “kabur” dari rutinitas sehari-hari yang menjemukan.  Berenanglah dan nikmati kesegaran alam yang memanjakan tubuh.

Inilah tempat di mana setiap hasil foto yang Anda ambil bakal terlihat keren, dari arah manapun. Siap untuk ganti profile picture  medsos Anda?. Ikhsan/Kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: