Take a fresh look at your lifestyle.

UTD ANUTAPURA DAN YMM GELAR DONOR DARAH DI DAMPELAS

302

DAMPELAS-DONGGALA, KAREBA.id | Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Anutapura Palu bersama Yayasan Masangu Maroso (YMM) menggelar penyuluhan kesehatan dan donor darah dilingkungan pelajar. Kegiatan yang melibatkan pelajar SMAN 2 Dampelas itu digelar Sabtu, 21 Januari 2017, akhir pekan lalu.

Kepala UTD RS Anutapura Palu dr. Nirwansyah Parampasi, SP.PA mengatakan jika kegiatan itu digelar untuk mencukupi kebutuhan darah dilingkungan RS Anutapura yang berkisar 250 hingga 300 kantong per bulannya.

“Kita sering melaksanakan donor di beberapa tempat untuk mencukupi stok darah di rumah sakit. Dan sampai saat ini kami hanya bisa mencukupi sekitar 80 persen dan sisanya disuplai dari kantor Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi ” katanya.

Terkait kegiatan itu, Nirwansyah menjelaskan jika pihaknya telah beberapa kali menggelar kegiatan serupa di kabupaten Sigi dan saat ini di kabupaten Donggala. Pihaknya bekerjasama dengan mahasiswa, pemuda masjid dan bahkan pemuda gereja.

“Kita juga pernah menggelar donor dilingkungan Pemerintah Kota saban Jum’at setelah coffee morning. Tapi saat ini kurang aktif,” sebutnya.

Penyuluhan kesehatan dan donor darah yang digelar di SMAN 2 Dampelas kabupaten Donggala akhir pekan kemarin, pihak UTD RS Anutapura mendapatkan 32 kantong dan langsung digunakan bagi sejumlah pasien yang membutuhkan di rumah sakit.

“kami sudah gunakan darah hasil dari donor di sekolah kecamatan di Dampelas itu,” terang Nirwansyah. ZAINUDDIN MN/KAREBA.id/2017

 

 

 

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: