Take a fresh look at your lifestyle.

Wali Kota Hidayat Bela Korban Bencana Palu

Rakorsus Penanggulangan Bencana di Jakarta

1.087

Jakarta, KAREBA. ID | Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Terkait penanggulangan bencana alam di kota Palu yang digelar Kamis 21 Maret 2019 diruang Bima Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jakarta dihadiri Wali Kota Palu Drs Hidayat, MSi, yang dipimpin langsung Deputi sekaligus PLH Sesmenkopolhukam Laksamana Madya Djamaludin.

Wali Kota Palu Drs Hidayat MSi dan Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, S.Sos. MSi berbincang dengan sejumlah direktur dari kementrian RI terkait bencana di Palu dan Sigi. photo : humas pemkot palu/kareba.id/2019

Selain wali kota Palu, perwakilan pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dan para kepala daerah yang terdampak bencana alam di Sulteng juga hadir disana, serta perwakilan yayasan Budha Tzu Chi yang saat ini membangun Hunian Tetap (Huntap) di Palu dan sekitarnya. Para Direktur kementerian dan badan terkait dalam penanganan urusan kebencanaan serta pemenuhan segala kebutuhan bagi para pengungsi seperti BNPB, Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Badan Geologi Kementerian ESDM, Kementerian ATR dan kementerian Dalam Negeri juga ikut dalam rapat itu.

Untuk membela hak-hak korban bencana di Palu, Hidayat berkesempatan untuk menyampaikan beberapa hal yg menjadi keluhan serta kendala yang dirasakan maupun dihadapi oleh pemerintah kota Palu bersama masyarakat pengungsi korban bencana. Diantaranya masih adanya pihak-pihak yang terus berusaha menghambat upaya pemerintah kota Palu bersama yayasan pemberi bantuan yang akan membangun kurang lebih 2.000 bagunan Huntap bagi para korban bencana alam kota Palu di Kelurahan Tondo dan sekitarnya.

Belum adanya kejelasan serta kepastian waktu penyaluran dana stimulan serta dana santunan duka bagi para korban bencana alam oleh Kementerian dan Badan terkait yang bertanggung jawab dalam menangani pemenuhan hal itu, sementara Pemkot Palu telah melakukan verifikasi dan validasi data tahap 1 dan telah menyerahkan data tersebut melalui OPD terkait kepada kementerian penanggungjawab.

Sementara itu, banyaknya keluhan masyarakat korban bencana yang menghuni maupun calon penghuni huntara atas fasilitas Sanitasi maupun fasilitas listrik yg kurang  memadai bahkan belum tersedia pada huntara  maupun calon huntara yang mereka, menjadi laporan wali kota dalam rapat tersebut.

Megenai kejelasan pendistribusian dana Jatah Hidup (Jadup) oleh kementerian terkait bagi para pengungsi juga dilaporkan Hidayat untuk segera ditindaklanjuti. Dikarenakan, selama kurang lebih 5 bulan sejak berakhirnya masa tanggap darurat hingga ke perpanjangan kedua masa transisi, berkaitan dengan pemenuhan Jatah Hidup (jadup) bagi para pengungsi yg masih berada di shelter maupun huntara, masih ditanggung Pemerintah Kota Palu sehingga kemampuan pembiayaan pemerintah kota Palu tersebut hanya tersedia hingga berakhirnya bulan maret 2019 ini, sehingga hampir dapat dipastikan bahwa pada bulan April mendatang masyarakat pengungsi yg berada di shelter dan huntara tidak akan mendapatkan pasokan jatah hidup jika kementerian terkait tidak segera menyiapkan dana kelanjutan bagi penyiapan jatah hidup bagi para pengungsi diwilayah kota Palu.

Olehnya, dalam rapat itu Wali Kota Hidayat berharap kemnetrian terkait penanggulangan bencana di Kota Palu dan sekitarnya dapat segera menindak lanjuti persoalan di lapangan yang dialami pihaknya, terutama warga korban bencana.

“Pemkot Palu berharap adanya intervensi dari pihak Kemenkopolhukam terhadap beberapa kementerian terkait untuk mempercepat proses pemenuhan segela kebutuhan bagi para pengungsi yang menjadi tanggungjawabnya, apalagi bulan depan kita menghadapi bulan Ramadhan, bagaimana nanti nasib warga saya,” pinta Hidayat penuh harap.

Diakhir rapat tersebut, Laksma. Jamaludin mendorong kementerian terkait utk dapat bergerak cepat dalam memenuhi segala bentuk kebutuhan bagi para pengungsi korban bencana di kota Palu. zainudinmn/humas pemkot palu/kareba.id/2019

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: