Take a fresh look at your lifestyle.

BMKG KELUARKAN PERINGATAN

279

PALU, KAREBA.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kembali mengeluarkan peringatan dini tentang kondisi cuaca di daerah ini selama beberapa hari ke depan.

“Kami baru saja menerima informasi cuaca dari BMKG,” kata Kepala BPBD Sulteng Bartholomeus Tandigala, di Palu.

Ia mengatakan, BMKG mengingatkan masyarakat untuk waspada karena curah hujan di beberapa wilayah di Tanah Air, termasuk Sulteng dalam beberapa hari ini cukup ekstrem.

Karena itu, masyarakat diminta tetap bersiaga, terutama daerah-daerah yang selama ini masuk dalam kategori rawan banjir dan longsor.

Bukan hanya permukiman, tetapi juga jalur-jalur transportasi darat, mengingat kondisi tanah di Sulteng pada umumnya labil sehingga mudah longsor saat curah hujan tinggi.

Dalam beberapa hari ini dan ke depan, kata Bartholomeus, hampir seluruh wilayah Sulteng dilanda hujan lebat dan pada dua kabupaten yaitu Tolitoli dan Donggala dilanda banjir.

Tetapi dalam dua bencana banjir tersebut tidak ada korban jiwa, kecuali kerugian materiil yang cukup besar, tanpa merincinya.

Kepala BMKG Palu Kasiron membenarkan telah mengeluarkan peringatan dini soal cuaca dalam beberapa hari ke depan.

Sejumlah wilayah Sulteng yang berpeluang besar dilanda cuaca ekstrem antara lain Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Morowali, Morowali Utara, Poso, Sigi, dan Donggala. ANTARASULTENG.COM

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: