Take a fresh look at your lifestyle.

YOGA BERKEMBANG PESAT DI BALI

292

BALI, KAREBA.id – Yoga menjadi semakin digemari di Indonesia dan dimana mana menjadi pilihan berbagai kalangan.Sehingga Festival,studio yoga baru bermunculan,berbagai kalangan pun mulai melirik menjadi komuditas. Apa lagi setelah ditetapkan oleh PBB menjadi International Yoga Day semenjak tahun 2015 diseluruh dunia Yoga menjadi sebuah gerakan yang menjadikan Yoga sebagai gaya hidup tetapi juga tentunya mengiringi dengan menjadi produk yang hanya mengemas Yoga sebagai komuditas ekonomi dan bahkankan sangat disayangkan banyak studiosenam menampilkan seolah olah itu YOGA.

Bertemunya Indra Udayana Ketua Pembina Assosiasi Yoga Indonesia dan Anjasmara Prasetya pakar dan praktisi Yoga yang cukup dikenal selain sebagai artis tapi juga pemilik sekolah Yoga AsmaraDhana dan pengajar Yoga, ini menilai sebagai sebuah gaya hidup tentunya luar biasa yoga berkembang, seharus kalau nama Yoga Nusantara yang dilandasi pemikiran harmonisasi manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan lingkungannya dan manusia dengan Tuhannya. Berupaya melestarikan seni budaya serta keunikan yang beragam yang dimiliki oleh Nusantara dengan mengangkat ciri khas, harkat martabat melalui Yoga sebagai kekayaan leluhur di Indonesia melalui peningkatan pengetahuan, skill dan kualitas hidup serta kesejahteraan tiap masyarakat melalui program – program Edukasi seperti Motivasi, Pemberdayaan Diri, program Kesehatan atau Penyembuhan yang dirancang dengan pendekatan moral, fisik, mental, dan spiritual.

Gus Indra yang juga pengasuh Ashram Gandhi Puri dengan Yoga Sanstha Institute yang baru saja muridnya mengawinkan gelar juara putra putri tingkat nasional di Jambore Pasraman Nasional 2016 di Yogyakarta bersama Anjasmara berharap kedepan bisa menjadi kan Yoga sebagai kekayaan nusantara yang luar biasa dan mengembalikan kepada kesujatian Yoga itu sendiri bisa dimasukkan kedalam kurikulum sekolah sebagai penjaga gawang kesehatan jiwa raga anak muda untuk menegakkan Indonesia jaya.

Anjasmara juga sangat setuju karena itu pelatih Yoga kalau ingin membuka studio Yoga setuju secara alamiah itu berkembang menjadi pilihan dari peminat dan bahkan memperkaya dengan berbagai gerakan tapi sangat tidak setuju kalau tidak didasari dengan pakem asli Yoga,yang harus diperhatikan dari setiap gerakan adalah nafas dan seimbagangan gerak yang menjadikannya harmoni body soul dan mind dalam tindak. Karena itulah Gus Indra yang lebih menekuni Yoga untuk orang tua dan Anjasmara yang lebih menjadikan Yoga sebagai gaya hidup ini,berjanji akan berkolaborasi terus mengenalkan Yoga paling tidak pada pakem Yoga yang utuh,untuk itu mari kita bersama menggali kembali,dan yang mau membuat studio Yoga juga punya kesadaran untuk mengajarkan Yoga Sastra dulu sebelum mengembangkannya. BALITRIBUNE.CO.iD

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish

%d blogger menyukai ini: